Sukses

Tertusuk Jarum: HIV?

20 Oct 2014, 04:25 WIB
Pria, 25 tahun.
Assalaamualaykum selamat pagi. izin bertanya dok, saya pernah melakukan hub intim tidak memakai pengaman, apakah saya akan terkena hiv jika pasangan saya pernah tertusuk jarum bekas penderita hiv terimakasih dok.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani maka resiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

Apakah Anda sendiri sudah menikah atau sering berganti pasangan seksual? Jika ya ataupun pasangan Anda sering berganti pasangan seksual, maka faktor resiko yang Anda miliki tentu lebih tinggi. 

Bila Anda terkena cairan vagina penderita HIV maka ada resiko tetular, namun masih faktor resiko, kalau ingin pasti dalam waktu 3 bulan Anda dapat melakukan pemeriksaan HIV. Atau bila memang Anda pasti kontak dengan penderita HIV kami sarankan coba lakukan pengobatan profilaxis infeksi HIV yaitu pemberian obat anti-HIV selama 1 bulan. Sebelumnya coba lakukan konsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

Dalam kasus Anda, sebetulnya pasangan Anda memiliki resiko untuk tertular HIV. Namun perlu ditelaah lebih lanjut. Jika pasangan Anda tertusuk jarum tidak secara langsung (misalnya ada jarum bekas, lalu baru 1 minggu kemudian tertusuk), maka resiko tertular HIV nya kecil. Karena virus HIV tidak dapat hidup di luar tubuh manusia/host dalam jangka waktu yang lama. 

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi.

Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar