Sukses

Tidur dan Kehamilan

14 May 2014, 09:17 WIB
Wanita, 23 tahun.
pagi dok,. Usia kandungan saya dah 35w,ini kehamilan pertama saya,. Saya sering tidur pagi,menurut mitos,katanya tidur pagi tidak di boleh,karena dapet mempengaruhi proses persalinan kelak,apa itu benar dok? Makasih,.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Selamat atas kehamilan Anda, tidur pagi hari tidak berhubungan dengan kesehatan janin. Namun tentu Anda diharapkan tetap aktif selama kehamilan. Izinkan kami menjelaskan apa yang terjadi pada minggu ke 35 kehamilan Anda. Berat janin sekarang mencapai 2,2 kg dengan panjang total 45 cm. Sebagian besar organ janin sudah sempurna saat ini, janin akan berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badannya di minggu terakhir kehamilan. Bila janin Ibu laki-laki maka testisnya sudah berada di kantung skrotum sekarang (kantung zakar).

Pengukuran rahim dari pusar berkisar 15 cm dan pengukuran dari simfisis pubis sampai bagian atas rahim mencapai 35 cm. Ibu mungkin mulai merasakan peningkatan dari frekuensi berkemih. Hal ini dapat terjadi karena janin yang semakin besar mulai menekan kandung kemih. Kurangi minum sebelum tidur dapat membantu mengurangi frekuensi berkemih di malam hari. Produksi ASI di payudara Ibu dapat menyebabkan sedikit rembesan yang disebut kolostrum. Mulai minggu ini, Ibu akan diminta untuk datang kontrol 1 minggu sekali. Saat ini juga merupakan saat yang tepat untuk membicarakan rencana persalinan bersama pasangan dan dokter Ibu.

Persiapkan barang-barang yang akan dibawa apabila Ibu akan bersalin nantinya dan tentukan rumah sakit dimana Ibu akan melakukan persalinan (lengkap dengan rute menuju rumah sakit tersebut). Jangan lupa untuk selalu makan dengan frekuensi yang  teratur dan mempersiapkan makanan kecil untuk tenaga Ibu. Di saat persalinan nanti Ibu akan membutuhkan seluruh cadangan glukosa untuk mengedan.

Kami lampirkan juga beberapa artikel kehamilan untuk Anda baca:

Persiapan Kehamilan (5 Juli 2010)
Nutrisi Kehamilan (5 Juli 2010)
Makanan Selama Kehamilan (5 Juli 2010)
Kondisi Emosi Selama Kehamilan (5 Juli 2010)
Peran Suami (5 Juli 2010)
Cara Baru Deteksi Dini Kehamilan Ektopik (5 Juli 2010)
Trimester Pertama (5 Juli 2010)
Trimester kedua (5 Juli 2010)
Trimester Ketiga (5 Juli 2010

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar