Sukses

Kista Payudara

19 Oct 2014, 15:08 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat pagi dokter...saya mau tanya.. di payudara ibu sya kemaren ada benjolan, trus kita lakukan tes VNAB. dan saat di VNAB ithu di spetnya keluar cairan bening dan ad kurang lebih 5 cc. lalu sama dokter di suntik lagi tapi cairanya sudah habis....setelah di VNAB benjolan di payudara ibu sya langsung kempes ( hilang ) tdak ada sama sekali benjolan tersebut. dan hasil dari VNAB tersebut adalah BENIGN CYSTIC LESION. TIDAK ADA TANDA KEGANASAN.dokter bilang ithu karena efek KB PIL...ibu saya Minum KB PIl ithu sudah 8 bulan.dan semenjak sakit ithu sama dokter ibu saya suruh berhenti untuk minum kb pil. nah yang saya tanyakan kepda dokter....meski benjolan di payudara ibu saya sudah hilang apakah nanti ada kemungkinan untuk muncul lagi??? selanjutnya apa ithu harus perlu dioperari??? dan dan menurut dokter umpama ithu tdak di operasi..bahayakah apakah ada kemungkinan besar penyakit ithu menjadi ganas????? dan 1 lagi dokter.. apakah benar kb pil efek sampingnya seperti ithu.dan seumpama ibu sya berhenti minum pil kb bisa sembuh??? sekarang ibu sya minum obat anti oksidan dan minum rebusan kulit mangis dan daun sirsak tiap hari?? gmna menurut dokter dengan terapi obat tersebut???... mohon penncerahanya dokter..terimakasih sebelumnya??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Namun tidak semua tumor berupa tumor padat, ada juga benjolan yang berupa kista, seperti yang dialami ibu Anda. Tentu jika benjolan berupa kista maka terpainya bukanlah operasi, dapat dilakukan aspirasi jika kista berisi cairan. Apabila Anda bertanya apakah ada kemungkinan timbul lagi? Tentu ada, bahkan pada orang umumpun ada kemungkinan mengalami kista payudara. terapi yang Anda paparkan berupa rebusan kulit manggis adalah terapi herba, kami belum menemukan adanya penelitian klinis yang memaparkan tentang manfaat dari rebusan kulit manggis tersebut.

Kami sarankan agar ibu Anda dan diri Anda dapat melakukan pemeriksaan payduara mandiri dimana Anda melihat kesimetrisan dan merasakan konsistensi payudara Anda apakah terdapat kelainan atau tidak. Jika terdapat keluhan Anda dapat mengunjungi Dokter untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar