Sukses

Penanganan Tinea Kruris

19 Oct 2014, 12:42 WIB
Wanita, 21 tahun.
Dok aku mau tanya Sempet searching d google Sepertinya saya terkena pnyakit tinea cruris Saya harus gimana ya dok ? Pengobatannya gimana ya ?? Makasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tinea adalah penyakit pada jaringan yang mengandung zat tanduk, misalnya lapisan teratas pada kulit pada epidermis, rambut, dan kuku, yang disebabkan golongan jamur dermatofita (jamur yang menyerang kulit). Tinea kruris sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, bokong dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah.

Menghilangkan faktor penunjang sangat penting, misalnya mengusahakan daerah lesi selalu kering dengan memakai baju yang menyerap keringat. Obat antijamur yang dioleskan adalah terapi pilihan untuk lesi yang terbatas dan dapat dijangkau. Berbagai macam obat imidazol dan alilamin tersedia dalam beberapa formulasi. Semuanya memberikan keberhasilan terapi yang tinggi (70-100%) dan jarang ditemukan efek samping. Obat ini digunakan pagi dan sore hari selama sekurang-kurangnya 2-4 minggu. Terapi dioleskan sampai 3 cm di luar batas lesi dan diteruskan sekurang-kurangnya 2 minggu setelah lesi menyembuh.

Pengobatan dengan obat yang diminum diperlukan jika lesi luas atau gagal dengan pengobatan topikal. Namun kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan tidak membeli obat sembarangan, karena pengobatan yang tidak tepat diagnosis, tidak tepat jenis obat dan dosis obat tidak akan menyembuhkan sakit kulit Anda. Obat oral yang dapat digunakan meliputi griseofulvin microsized, ketokonazol, dan itrakonazol.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Tinea Kruris

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar