Sukses

Penyebab Gatal di Selangkangan

19 Oct 2014, 03:21 WIB
Wanita, 21 tahun.
Salam Sehat Bapak/Ibu Dokter. Suami saya usia 30 tahun, beratnya 50 Kg dan tinggi 160 cm. Beberapa saat setelah kami menikah, saya melihat di (maaaf) selangkangannya seperti memerah. Dia mengaku gatal dan kulitnya kering lalu pecah2. Saya belikan Bepanthen, sudah agak mendingan. Tapi warna kulitnya masih belang2. Di garis celana sebelah kanan juga sekarang kulitnya pecah2, Dok. Kulitnya memang mudah berkeringat, dia juga malas mengganti celana dalam. Saat saya tanyakan apakah masih gatal pun jawabannya tidak menentu. Yang ingin saya tanyakan, apakah gatal2 yg dialami suami saya dikarenakan jamur? Perlukah saya mengganti salep dengan antijamur? Terima kasih atas jawaban Dokter.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Selangkangan merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah selangkangan seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat.

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kondisi kulit yang mudah lembab dan berkeringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Bersihkan daerah selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering. 
  • Ganti celana dalam setiap hari. 
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
  • Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
  • Menurunkan berat badan jika overweight/obesitas Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat

Segera periksakan ke dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pengobatan. Jika memang terbukti ditemukan adanya infeksi jamur, maka Anda akan mendapatkan salep jamur dan obat untuk mengurangi rasa gatal. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Gatal di Selangkangan? Awas Celana Dalam Kotor!

 

Tinea Cruris

Faktor Lingkungan Jadi Pemicu Infeksi Jamur Pada Kulit

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar