Sukses

Lidah Bermasalah, Apakah Tanda HIV?

30 Mar 2016, 11:49 WIB
Pria, 20 tahun.

dok mengapa lidah saya bagian depan berwarna putih tetapi tidak tebal hanya terlihat warna putih saja, dan bagian dlaam warna putihnhya agak tebal dan muncul benjolan''. jika saya habis minum susu langsung terselimuti warna putih yang tebal? apakah berbahaya? dok, tolong jelasin contoh lidah yang sehat dan contoh lidah seseotan gyang terkena HIV? terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Lidah Bermasalah, Apakah Tanda HIV?

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Seperti yang telah kami jelaskan dalam konsultasi Anda sebelumnya, bahwa untuk memastikan keadaan yang Anda alami berbahaya atau tidak dan terkait penyakit tertentu atau tidak maka diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi atau oleh dokter gigi spesialis Oral Medicine (SpOM), pemeriksaan secara langsung ini mutlak dilakukan guna menegakkan diagnosa atas kondisi Anda dan bilamana diperlukan maka akan dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya.

Infeksi jamur kandida (candidiasis)  adalah salah satu tanda yang paling awal dan paling umum ditemukan pada penderita HIV/AIDS, pada suatu penelitian 88% penderita HIV/AIDS mengalami kandidiasis oral. Secara klinis tampak sebagai bercak putih atau kombinasi bercak putih dan kemerahan yang dapat terjadi di bagian manapun di rongga mulut. Terkadang bercak ini mudah berdarah dan terdapat daerah kemerahan di bawah bercak putih, disertai rasa sakit dan rasa seperti terbakar.

Dari berbagai macam luka dan lesi yang timbul dalam rongga mulut akibat infeksi HIV, ada satu penyakit yang dapat dijadikan pertanda awal terjadinya infeksi virus HIV  selain infeksi jamur. Berdasarkan penelitian yang menemukan banyaknya kasus infeksi Oral Hairy Leukoplakia pada penderita HIV maka para ahli berkesimpulan bahwa ini merupakan manifestasi awal dari infeksi HIV.

OHL dalam mulut biasanya timbul pada lidah yaitu dibagian sampingnya, bisa  hanya pada salah satu atau dikedua sisi, terkadang dapat pula pada bagian atas lidah, tetapi dapat timbul juga pada langit-langit mulut, bagian dalam pipi, bibir dan dasar mulut. Lesi OHL berwarna putih dan dapat berukuran sangat kecil tetapi bisa juga lesi ini berkumpul bahkan sampai menutupi lidah, bentuknya tidak teratur, agak menonjol dan permukaannya berombak seperti karpet berbulu kasar.

Mengenai lidah yang sehat dapat Anda baca pada artikel berikut

Lidah (5 Juli 2010)

Gejala Awal HIV dalam Mulut (2 Desember 2013)
Bercak Putih di Mulut, Tanda HIV/AIDS? (27 September 2010)

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar