Sukses

Terapi Sel Punca Untuk Osteoarthritis

19 Oct 2014, 12:22 WIB
Pria, 50 tahun.
Di Rumah sakit mana dan dengan dokter siapa, saya dapat berkonsultasi untuk melakukan persiapan pembuatan sel punca buat pengobatan Osteoarthritis di Jakarta?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sel Punca atau Stem Cell merupakan sel yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri sendiri dengan menghasilkan sel-sel berkarakteristik sama dengan sel induknya serta dapat berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh. Sel punca dibagi menjadi 2 yaitu sel punca embrionik dan sel punca dewasa. Salah satu jenis sel punca dewasa adalah Sel Punca Mesenkimal (Mesenchymal Stem Cell,MSC) yang dapat ditemukan pada sumsum tulang, jaringan lemak, tali pusat, periosteum, tulang trabeskular dan gigi susu. Keberadaan MSC memberikan peluang untuk terapi sel secara autologus (dari diri sendiri) tanpa adanya resiko penolakan dari sistem imun.

Salah satu aplikasi pemanfaatan MSC adalah untuk terapi osteoarthritis di mana terjadi kerusakan tulang rawan (cartilage defect) pada bantalan sendi lutut. Beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan tulang rawan adalah: trauma/cedera olahraga, obesitas, penuaan dan penyakit radang sendi.

Terapi MSC akan membantu regenerasi pada kerusakan tulang rawan karena MSC memiliki potensi sebagai sel penyusun tulang rawan (kondroblast). Bantalan sendi yang tersusun dari tulang rawan hialin akan kembali terbentuk. Dengan demikian MSC dapat memperbaiki kerusakan pada bantalan sendi yang umumnya tidak bisa dilakukan oleh obat non steroid.

Pada terapi ini dokter akan mengambil jaringan sumsum tulang sebagai sumber MSC dari sang pasien. Kemudian sel punca tersebut diperbanyak di laboratorium pengolahan sel punca hingga diperoleh jumlah yang sesuai untuk implantasi (sekitar 10 juta sel). Proses perbanyakan berlangsung kurang lebih selama 21 hari diikuti dengan uji karakteristik terhadap morfologi, molekul penanda dan uji plastisitas MSC untuk memastikan bahwa sel yang diperbanyak adalah sel tersebut. Selain itu MSC harus dipastikan steril tidak terkontaminasi bakteri ataupun jamur

Salah satu pusat penelitian sel punca yang mulai berkembang di Indonesia berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo/RSCM. Anda dapat menanyakan informasi tersebut melalui pihak rumah sakit atau berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah orthopedi.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar