Sukses

Mengatasi Anak Yang Jail & Tidak Sopan

19 Oct 2014, 12:59 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat siang dokter,, dok anak kakak saya usia 3,5th laki" kalo daya ingat ny bagus bicara ny juga lancar tapi kalo bermain dengan teman seusia ny pasti dia jail,apa" yg dia pegang pasti d timpukin k tmen ny smpe nangis kdg org tua ny jg d pukulin,setiap d ajak maen keluar rumah dia tdk bs kontrol diri lari" tanpa arah,pas masih batita kakak sy jarang mengajak dia maen keluar rumah,anak itu d kurung dalam rumah terus ,apakah ada kelainan pada keponakan saya dok? Terima kasih ,salam hormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mendidik anak dan menyediakan pendidikan bagi anak memang merupakan hal yang penuh tantangan bagi para orang tua. Semakin meningkat usianya, maka anak akan terus belajar dari lingkungannya. Anak akan meniru apa yang dilihatnya dan melakukan seperti yang dilihatnya. Untuk itu, penting untuk tetap mendidik anak secara emosional, psikologis dan akademis secara seimbang. Pendidikan akademis akan membantu anak mengembangkan kemampuan akademisnya. Pendidikan psikologis akan membantu anak belajar bertanggung jawab dan berdisiplin. Pendidikan emosional akan mendidik anak memiliki empati yang tepat. Untuk itu peran serta orang tua di rumah sangat besar. Bimbingan dari orang tua untuk meneladankan disiplin, tanggung jawab serta membimbing anak mengenal benar dan salah di usia dini memegang peranan besar pada perilaku anak. 

Untuk itu saat ini, Orangtua perlu menerapkan kasih sayang yang tegas dalam membimbing anak mengenal apa yang benar dan salah. Anak belum tahu apa yang benar dan salah, apa yang baik dan tidak baik, apa yang sopan dan tidak. Untuk itu, tugas orang tualah untuk memberikan bimbingan yang terarah untuk membantu anak mengenal apa saja yang dilakukannya apakah benar atau salah. Bila anak bertingkah laku salah, jail dan tidak sopan, Orangtua dapat memberitahu dan mencontohkan yang baik dan seharusnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar