Sukses

Tanda Persalinan, Keluar Darah?

20 Oct 2014, 09:56 WIB
Wanita, 29 tahun.
dok, sekarang saya sedang mengandung (9bln) 3hari yang lalu keluar darah segar dari jalan lahir, tapi tak ada rasa sakit di perut saya, kata bidan sudah 1cm, tapi besoknya darah tidak keluar lagi sampai saat ini. bahkan perut tidak terasa sakit sedikitpun. mengapa demikian dok? apa yg harus saya lakukan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Selamat atas kehamilan Anda yang sudah mendekati persalinan, semoga proses persalinan berjalan lancar.

Mendekati proses persalinan, terdapat tanda-tanda yang dapat dikenali. Dengan mengetahui tanda-tanda persalinan tersebut ibu hamil akan mengerti kapan saat yang tepat untuk pergi ke rumah sakit dan apa saja yang dapat dilakukan bila tanda-tanda persalinan ini datang.

Tanda-tanda tersebut antara lain:

1. Lendir bercampur darah 

Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapat kontraksi yang teratur atau Air ketuban pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. 
Anda harus menghubungi dokter Anda bila terjadi pendarahan hebat.

2. Air ketuban pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. 

3. Kontraksi yang teratur

Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hick. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan.

Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan. 

Bila air ketuban keluar lebih cepat keluar tanpa adanya kontraksi, terlebih bila berwarna keruh dan berbau, harus dipikirkan kemungkinan adanya infeksi yang memerlukan penanganan secara intensif.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.  Segeralah mengunjungi dokter/bidan Anda jika Anda mengalami kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar