Sukses

Perut Kembung Apa Solusinya?

18 Oct 2014, 03:41 WIB
Pria, 42 tahun.
Ass, saya punya problem dokter, kurang lebih sudah 6 bulan saya berhenti merokok dan kopi,yang saya rasakan sekarang perut lebih besar daripada masih merokok, terus sekarang kalu habis makan sedikit, perut serasa keras ( kembung )yang terasa kalau malam mau tidur, terasa seperti nyut-nyutan di perutmemang tidak tiap hari, kadang2 seminggu bisa 3-4 kali terasa.Apakah ada makanan yang harus saya hindari, solusinya bagaimana dokter? Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sesungguhnya sangat sulit bagi kami untuk menjelaskan kondisi Anda dengan keterangan yang sangat sedikit. Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri peurt bagian bawah daerah lambung, bisa saja berkaitan dengan lambung, usus atau ginjal. Namun jika keluhan nyeri perut ini disertai dengan perut kembung, perasaan perut bergas bisa jadi ini berhubungan dengan organ lambung, atau disebut dengan gejala dispepsia. Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit tentang keluhan peningkatan asam lambung atau disebut sindrom dispepsia. Syndrome dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dyspepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Ceritakanlah dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar  Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar