Sukses

Penanganan Bekas Jerawat

10 May 2014, 13:08 WIB
Wanita, 14 tahun.
selamat sore dok, umur saya 15th. saya mau bekonsultasi ttg bekas di kulit. bebrapa bulan yang lalu diwajah saya timbul jerawat, karena lama sekali tak hilang saya mencari info, akirnya saya beri bawang, 2 kali saya mencoba malah ditempat yang saya beri bawang menjadi gosong, selang bberapa hari gosongnya itu bisa hilang. namun bekasnya berwarna kecoklatan tak hilang2 sampai sekarang dok. bagaimana solusinya? saya takut kalau bekasnya tak hilang. terimakasih banyak

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan bekas jerawat dengan memakai bawang sangat tidak dianjurkan, karena akan membuat kulit menjadi iritasi dan terjadi adanya infeksi sekunder.

Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah Anda.

Berikut saya sertakan artikel-artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar