Sukses

Anak di Bawah 2 tahun Sering Diuap

19 Oct 2014, 04:49 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok, sy mw tanya,, klo anak dibwh 2thn sering diuap saat batuk (pake ventolin smaa nacl) ada efek sampingnya ngga ya?? Makasiee
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memang kalau lagi serangan tidak apa-apa menggunakan terapi inhalasi sebab memang lebih cepat dalam mengobati. Sesering apakah anak ibu terkena serangan asma? Efek samping tergantung dari jenis obat yang anak ibu dapatkan. Semua jenis obat memiliki resiko untuk terjadinya efek samping namun belum tentu semua org mengalami efek samping tersebut. 

Ventolin (salbutamol/ albuterol) merupakan jenis obat asma yang berfungsi untuk melebarkan saluran pernafasan, dan merupakan penanganan tepat untuk asma. Efek samping jangka pendeknya adalah tremor, nyeri kepala, berdebar-debar, mulut kering, dan nyeri otot. Untuk efek samping jangka panjang belum ada pencatatan. 

Selain dari pengobatan ada beberapa hal yang anda dapat lakukan untuk mencegah serangan asma. Kebanyakan asma dipicu oleh karena adanya alergi, coba ibu ingat tipe alergi anak ibu dan hindari hal itu. Coba lakukan olahraga seperti berenang untuk membantu pengobatan. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Asma

Bubur Bayi Lebih Awal Bebaskan Asma

Tangkal Asma sejak Hamil

Anak Pecandu TV Lebih Riskan Asma

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar