Sukses

Batuk Pilek pada Anak

08 May 2014, 11:19 WIB
Wanita, 29 tahun.
Hi doc, Anak saya usia 5 bulan. Kenapa ya anak saya gampang sekali ketularan batuk dan pilek. Ini kali kedua dia ketularan batuk dan pilek sari saya, padahal saya sudah pake masker. Produksi asi saya sedikit, udah usaha macem2 buat nambahin produksi asi tapi ga ada hasil yang maksimal. Jadi saya campur dengan formula sejak usia 2 bulan. Nah batuk yang sekarang sepertinya lebih parah dari yang kemarin, minum sufor juga jarang habis, sementara asi saya sedikit. Apalagi kalo bangun malam, dia lbh suka tdr drpd nyusu. Kalaupun nyusu kesaya lebih sering ngempeng trus tidur. Dengan asi yg sedikit dan ga mau sufor dimalam hari, saya harus gimana yaa?Batuknya udah 3 hari, batuk cenderung kering kdng kalo sakit ngt bisa ampe muntahin susu. Makasi atas saran nya sebelumnya.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak. Agar ingus tidak kental, Anda dapat memberikan air garam steril sebagai tetes hidung. Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Namun tentu saja untuk mengetahui kondisi anak Anda sesungguhnya harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu karena sulit untuk mendiagnosis penyebabnya apabila tidak dilihat secara langsung. Apakah anak Anda mengalami perbaikan gejala/keluhan? Jika selama 7-10 hari  semenjak sakit, tidak nampak adanya perbaikan gejala pada anak Anda atau bila memang anak Anda juga sudah semakin sulit bernapas dan ingus atau dahak menjadi semakin kuning-kehijauan maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter anak Anda.

Terkait obat-obatan, sayang sekali kami tidak dapat memberikan pengobatan ataupun merk obat tertentu kepada Anda karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar