Sukses

Rahang Sakit dan Mulut Tidak Bisa Ditutup Pasca Menguap (TMD)

08 May 2014, 12:23 WIB
Pria, 29 tahun.
Salam Dok, dokter, saya baru saja di rontgen panoramic dan CBCT di bgaian TMJ sebelah kanan, dan hasilnya saya itu susp. unilateral internal derangement with reduction. menurut dokter penyembuhan seperti apa yang bisa saya dapatkan? Sebagai informasi saja, saya dulu sempat menguap sambil berbaring di lantai dan secara tidak sengaja saya mengahadap ke arah kanan dengan posisi pipi kanan di lantai, dan tiba-tiba saya tidak bisa menutup mulut karena masih keadaan menguap, setelah itu mulut memaksa ingin menutup sambil bunyi krek, dan sakit sekali, sempat setelah itu beberapa kali mulut tidak mau menutup lagi sewaktu menguap dan memaksa menutup sambil bunyi krek dan sakit, apa sebenarnya yang saya alami dok? dan pengobatan apa yang bisa saya dapatkan? terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Dalam menetukan suatu terapi untuk keadaan tertentu diperlukan pemeriksaan, begitu pula pada keadaan yang Anda alami dimana kelainan yang terjadi mengarah kepada kelainan TMJ atau TMD (temporo mandibular disorder). TMJ adalah sendi yang kompleks, yang dapat melakukan gerakan meluncur dan rotasi pada saat mandibula/rahang bawah berfungsi. Mekanismenya unik karena sendi kiri dan kanan harus bergerak secara sinkron pada saat berfungsi. Tidak seperti sendi pada bagian tubuh lain seperti bahu, tangan atau kaki yang dapat berfungsi sendiri-sendiri. Gerakan yang terjadi secara simultan ini dapat terjadi bila otot-otot yang mengendalikannya dalam keadaan sehat dan berfungsi dengan baik.

Pada keadaan unilateral internal derangement with reduction terjadi perpindahan disk dari hubungan fungsional normal dengan kondilus mandibula dan bagian artikular dari tulang. Terapinya dilakukan dengan beberapa cara bergantung dari tingkat kelainannya. Untuk memastikan perawatan yang tepat bagi Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan keadaan tersebut ke dokter gigi spesialis prostodonti yang menguasai ilmu tentang TMJ.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca.

Gangguan Sendi Rahang - Temporo Mandibular Disorder

Oral Fisioterapi Bagi Pasien Kelainan Sendi Rahang

Waspadai Telinga Berdengung!

Demikian informasi yan dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar