Sukses

Penanganan Kulit Berjerawat

18 Oct 2014, 22:33 WIB
Wanita, 24 tahun.
pgi dok,.. sya ad mzlh dg wjah brminyak dan mmbuat wajah sy sering brjerawat mskipun sering sy brsihkn, blm lma ini ad tmn yg mnyarankan untuk mnum obat bersih darah, agar bz mncegah jerawat dr dlm, dan obt yg sy bli di apotik adlh merk DARSI dg indikasi dpt mngurangi jerawat, bisul & gatal2, yg mw sy tnyakn, brbhaya tdk dok untuk kshtn sy jka sya mnum obt trsebut dg rutin??,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Produk yang Anda sebutkan adalah produk herbal sehingga kami tidak bisa menyampaikan apakah peroduk tersebut memiliki efek samping tertentu. Berdasarkan pencarian kami belum terdapat uji penelitian berskala besar untuk membuktikan efek samping produk ini.

Izinkan kami menjelaskan tentang penanganan kulit berminyak dan berkerawat. Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak hampir tidak memerlukan pelembab, apalagi pada usia remaja. Sedangkan untuk mengangkat sel kulit mati Anda dapat melakukan scrub. Lakukan 1x/minggu dan jangan terlalu sering. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda terkait kebersihan wajah dan cara mengatasi jerawat:

Perawatan Wajah Berdasarkan Metode

Jerawat, Masalah Sejuta Umat

Mengatasi Jerawat

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Cara Mengobati Jerawat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar