Sukses

Perkemabangan Anak 4 Bulan

07 May 2014, 10:02 WIB
Wanita, 21 tahun.
Sebelumnya terima kasih dok atas informasi yang kemaren. Alhamdulillah sekarang saya sudah melahirkan , ternyata setelah usia khamlan saya ke 9 blan ,bayi dalam perut saya sudah kembali keposisi asal. Tapi kemaren saya melahirkan di vacum, dan entah kenapa saya kurang mengerti, tapi bayi saya sempat kejang dan lahir tidak menangis dan terpaksa harus di taruh di incub selama sebelas hari , sekarang dia sudah berusia 4 bulan. yang mau saya tanyakan apakah perkembangan srf mtorik anak saya akan terganggu karena trauma saat saya melahirkannya? dia sekarang sangat aktif ,bergerak lincah tapi melihat di usianya yang sekarang dia belum begitu kuat menopang lehernya juga belum bisa tengkurap , atau apakah karena bobot badannya yang gemuk, tinggi badannya sekitar 56 cm , dan bert bdannya 7,3 kg. Apa yang sebaiknya saya lakukan Dok? Saya sangat mengharapkan informasi dari dokter. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam saya untuk buah hati Anda dan keluarga. Saya memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Pada rentang usia 3-6 bulan, seorang anak pada umumnya sudah mampu melakukan:

  • Berbalik dari telungkup ke telentang
  • Mengangkat kepala setinggi 90º
  • Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
  • Menggenggam pensil
  • Meraih benda yang ada di dalam jangkauannya
  • Memegang tangannya sendiri
  • Berusaha memperluas pandangan
  • Mengarahkan matanya pada benda-benda kecil
  • Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
  • Tersenyum ketika melihat mainan / gambar yang menarik saat bermain sendiri. 

Bagaimana dengan anak Anda? Apakah hal-hal lainnya sudah bisa ia lakukan? Jika belum juga bisa mengangkat kepala dan tengkurap sedangkan hal-hal lain ada yang sudah dicapai maka masalahnya merupakan kurangnya stimulasi.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan stimulasi yang sesuai agar anak Anda mau belajar untuk menegakkan kepalanya, misal dengan meletakkannya dalam posisi telungkup kemudian memberikan stimulasi mainan di hadapannya dengan posisi agar anak dapat belajar mengangkat kepalanya. Apakah anak Anda mau menegakkan kepalanya setelah distimulasi?

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Menurut pendapat Kami, Kejang yang terjadi belum tentu berpengaruh dengan perkembangan Anak, namun kami menghimbau agar Anda memperhatikan perkembangan motorik anak Anda, atau berkonsultasi dengan dokter anak atau berkunjung ke posyandu dengan rutin. Kami lampirkan juga beberapa artikel yang terkait dengan perkembangan Anak.

 

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

Manfaat Air Susu Ibu

Informasi Bagi Orang Tua

Panduan Makanan Bayi

Jadwal Makan Bayi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar