Sukses

Kutil yang Semakin Bertambah

20 Oct 2014, 09:18 WIB
Pria, 21 tahun.
Slmt sore dok, sy ingin berkonsultasi tentang masalah pada kulit yg terkena kutil, kutil ini awal nya ad ditangan dok, kmudian brtmbah yg tdinya hny 1 kmudian muncul bbrp di jari tngan hingga 6 dok, di bagian dengkul kaki jg ad 1 disini yg pling besar dok, lambat laun kutil ini muncul di bagian pantat sy jg dok sbnyak 9 kcil2.. Sempat kutil di tngan pda bgian jri sy obati dngan cmpuran kpur sirih dn sbun colet dok nmun hsil nya baru ad dua kutil yg hilang trutama pd ujung jari dok, ap penyebab kutil trus tumbuh di lain t4 dok, cara mengjilangkan yg efektif bgmn dok, trkhir bhkan saat ini kutil sudh tmbuh di kelamin dok bergerumbul ad 5.. Mhon bntuannya dok, trimksh bnyk sblumnya dok..

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan keluhan nya adalah kutil. Kutil yaitu benjolan kecil seperti daging yang bertekstur kasar dan berwarna seperti warna kulit dan sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Dalam istilah medis kutil disebut papilloma. Papilloma ini sebenarnya sejenis tumor jinak pada kulit, berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Ada lebih dari 50 jenis kutil, yang dapat mengenai bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering di bagian tangan dan kaki. Ada kutil yang dapat hilang dalam beberapa minggu, ada juga yang menetap hingga lama.

Kutil dapat tertular melalui kontak langsung dengan orang atau permukaan yang terinfeksi, misalnya lantai kamar mandi. Kutil biasanya menyebar melalui kulit yang pecah. Meski begitu, tidak semua orang yang mengalami kontak dengan HPV akan ditumbuhi kutil, tergantung pada sistem kekebalannya.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. 

Sedangkan kutil pada kelamin, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang juga disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Nampaknya, kondiloma Anda semakin tumbuh dan membesar. Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Apakah Anda sudah menikah? 

Namun, yang kami sampaikan tetap merupakan dugaan karena kelainan kulit membutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk kepastian diagnosis. Untuk itu kami tetap menyarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal. Berikut artikel yang kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar