Sukses

Siklus Haid Memanjang & Keputihan

18 Oct 2014, 14:15 WIB
Wanita, 22 tahun.
Mohon dijawab ya dok , beberapa bulan ini mungkin sudah 3 bulan terakhir ini siklus haid saya teratur 29hari , namun sampai hari ini tanggal 4 mei saya blm haid lagi , seharusnya tanggal 1 kemarin sudah mulai haid lagi. Anehnya biasanya sebelum haid timbul jerawat, payudara nyeri jika tersentuh , kemudian pinggul bawah terasa pegal, tp kali ini saya tidak merasakan hal itu , dok. saya tidak merasakan apa2 semua biasa saja seperti hari2 biasa jika sedang tidak haid. Tapi sudah 2 hari terakhir ini keluar keputihan yang berwarna agak kecoklatan & tidak berbau. Biasanya hari2 biasa saya juga keputihan sih. Bisa dijelaskan sedikit kenapa hal ini bisa terjadi , dok ? terimkasih atas jawabannya :)

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika dilihat dari keterangan Anda,siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal. Tanpa adanya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya sulit untuk menentukan apakah keterlambatan menstruasi yang Anda alami benar disebabkan oleh kehamilan ataukah ada faktor lain.

Keputihan adalah salah satu gejala pre-menstruasi. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menjelang dan sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Menurut kami keputihan yang terjadi pada Anda masih terbilang normal (fisiologis) asalkan tidak disertai keluhan gatal dan berbau. Jika setelah 35 hari Anda belum haid dan keputihan bewarna masih tetap ada, kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan terapi yang optimal.

Berikut, kami sertakan artikel yang dapat Anda akses untuk menambah informasi:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar