Sukses

Sariawan atau Herpes

07 May 2014, 13:39 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat malam dok.. saya mau tanya bibir saya di bagian luar mengalami luka semacam sariawan. Apakah itu herves?berbahaya gak dok? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.  Namun, untuk memastikan diagnosis tentu memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter yang tidak melihat lesi tersebut secara langsung tentu tidak dapat menegakkan diagnosis. Namun sebagai informasi, herpes biasanya berupa lesi dengan gelembung berisi air yang sakit. Izinkan kami menjelaskan tentang sariawan.

Hingga kini, penyebab dari sariawan ini belum dipastikan, tetapi ada faktor-faktor yang diduga kuat menjadi pemicu atau pencetusnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Trauma pada jaringan lunak mulut (selain gigi), misal tergigit, atau ada gigi yang posisinya di luar lengkung rahang yang normal sehingga menyebabkan jaringan lunak selalu tergesek/tergigit pada saat makan/mengunyah
  • Kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12, asam folat dan zat besi.
  • Stress
  • Gangguan hormonal, seperti pada saat wanita akan memasuki masa menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal sehingga lebih rentan terhadap iritasi
  • Gangguan autoimun / kekebalan tubuh, pada beberapa kasus penderita memiliki respon imun yang abnormal terhadap jaringan mukosanya sendiri.
  • Penggunaan gigi tiruan yang tidak pas atau ada bagian dari gigi tiruan yang mengiritasi jaringan lunak
  • Pada beberapa orang, sariawan dapat disebabkan karena hipersensitivitas terhadap rangsangan antigenik tertentu terutama makanan.

Pencegahan

  1. Hindari stress yang berlebihan, dan tingkatkan kualitas tidur minimal 8 jam sehari. Tidur yang berkualitas bukan hanya dilihat dari lamanya waktu tidur. Tidur dalam kondisi banyak beban pikiran atau stress dapat menurunkan kualitas tidur.
  2. Perbaiki pola makan. Pola makan dan diet yang sehat tidak hanya akan mencegah sariawan namun juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Perbanyak sayuran hijau dan buah yang kaya akan asam folat, vitamin B-12 dan zat besi. Bila sedang menderita SAR, hindari makanan yang pedas dan asam.
  3. Jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

Sulit bagi kami mendiagnosis penyakit suami Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Kami sarankan agar suami Anda diperiksakan ke dokter spesialis kulit atau dokter gigi spesialis penyakit mulut. 

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar