Sukses

Perdarahan Tidak Teratur Setelah KB Suntik

16 Oct 2014, 22:55 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat pagi dokter. Sya wnita berusia 22 tahun, n sudah menikah, tp blum punya anak. Sya mau tanya dok, semenjak sya ikut suntik KB 3 bulan, siklus haid sya tdak normal, Sya mengalami pendarahan terus menerus selama 3 bulan, berhenti seminggu n kemudian haid lg selama 2 bulan,. Stlh KB 3 bulan it sya sdah tdak pernh ikut lg dok, tp sya mengalami haid yg tdak normal,,yaitu berbulan2. Tidak da keluhan sakit sm sekali dok. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih karena Anda telas setia menggunakan fasilitas KlikDokter.com

Kami memahami keluhan yang Anda rasakan. Dari informasi yang Anda paparkan sepertinya hal tersebut merupakan efek samping penggunaan KB suntik. Namun, kami himbau perlu diperhatikan tanda-tanda yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti nyeri perut, perut kian membesar, perut terasa keras, Anda menjadi lemas. Selain itu, jika perdarahan sampai tiga bulan tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah ini karena pengaruh hormonal atau ada penyebab lain. Risiko perdarahan lama adalah anemia dan Anda bisa menjadi lemas dan bisa saja jatuh pada kondisi yang mengancam nyawa.

Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik.  Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. (AN)

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar