Sukses

Efek Suntik KB 3 Bulan

18 Oct 2014, 16:42 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat pagi dokter. Sya wnita berusia 22 tahun, n sudah menikah, tp blum punya anak. Sya mau tanya dok, semenjak sya ikut suntik KB 3 bulan, siklus haid sya tdak normal, Sya mengalami pendarahan terus menerus selama 3 bulan, berhenti seminggu n kemudian haid lg selama 2 bulan,. Stlh KB 3 bulan it sya sdah tdak pernh ikut lg dok, tp sya mengalami haid yg tdak normal,,yaitu berbulan2. Tidak da keluhan sakit sm sekali dok. Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar