Sukses

Kondisi Kehamilan di Usia 19 Minggu

20 Oct 2014, 10:31 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dear Dokter yang baik, Mau bertanya, semoga dokter berkenan menjawab. Usia kandungan saya 19W sudah beberapa hari ini bayi semakin aktif bergerak, hampir sepanjang hari. apakah normal? apakah bayi tidak kelelahan? Saat ini saya hanya mengkonsumsi CDR (penambah kalsium) dan susu lactamil saja. Terimakasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kondisi Janin Anda pada usia Kehamilan 19 Minggu, 

Panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 13 – 15 cm dan berat badan janin berkisar 200 gram. Perkembangan sensorik dari janin semakin bertambah. Otak janin akan mengembangkan area untuk penciuman, indera rasa, pendengaran, penglihatan, dan sensasi raba.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa janin sudah dapat mendengar suara sekarang, jadi berbicaralah baik Ibu maupun Bapak untuk semakin menguatkan ikatan batin dengan janin. Janin Ibu akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Ibu berusaha untuk tidur.
 
Lapisan menyerupai lilin yang menyelubungi tubuh janin disebut vernix kaseosa mulai terbentuk di seluruh kulit janin. Lapisan ini berwarna putih dan berminyak. Verniks berfungsi melindungi kulit janin dari cairan amnion. Tanpa verniks, kulit bayi akan terlihat keriput saat lahir.
 
Kondisi Anda pada usia Kehamilan 19 Minggu,
 
Berat badan Ibu semakin meningkat dan perut akan bertambah besar (1,3 cm di bawah pusar Ibu). Kaki Ibu akan terlihat membengkak juga karena akumulasi dari air dan relaksasi dari ligamen di tubuh. Kemerahan di telapak tangan juga didapatkan akibat peningkatan hormon estrogen, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Untuk memantau kehamilan Ibu, Anda dapat mengunjungi Kalender Kehamilan yang kami miliki.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (AK)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar