Sukses

Sesak Nafas, Maag ?

19 Oct 2014, 18:26 WIB
Wanita, 16 tahun.
Dok adek saya beberapa hari ini sering sesak sudah kedokter katanya asam lambung, beerapa hari ini dia ngeluh katanya sering susah nelen ludah dan setiap susah nelen nggak bisa napas kira kira itu kenapa ya dok tenggorokannya juga kering terus padahal dia minumnya banyak

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai penyakit adik Anda memang kemungkinannya adalah terjadi GERD. Gangguan saluran pencernaan yang menyebabkan keluhan sesak, perut terasa begah, biasanya merupakan maag yang meluas sehingga asam lambung naik ke kerongkongan atau disebut dengan GERD.

Gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang salah satunya disebabkan lemahnya otot sphincter esophagus dan menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi.

 

Gejala GERD hampir sama dengan sakit lambung. Gejala khusus GERD yang mudah dibedakan dari sakit lambung adalah: rasa seperti terbakar / panas di bagian belakang tulang dada dan cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tetapi juga hingga ke mulut sehingga dapat terasa asam pada bagian belakang mulut. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, mual, muntah, perut kembung.

Apakah keluhan susah menelan adik Anda disertai demam? Gejala susah menelan disertai demam bisa diakibatkan adanya pembesaran amandel (tonsil). Tonsil yang membesar bisa menyebabkan gangguan bernafas. Kami sarankan adik Anda agar berkonsultasi langsung ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik agar dapat diberikan terapi yang optimal. Berikut artikel yang dapat kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar