Sukses

Fungsi Pap Smear

20 Oct 2014, 08:07 WIB
Wanita, 32 tahun.
halo dok,apakah dengan tes pap smear,penyakit miom,kista ataupun kista ovari bisa terdeteksi?terima kasih banyak atas penjelasannya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Test Pap smear adalah suatu metode skrining ginekologi yang di cetuskan oleh Papanikolou, yang dilakukan pada serviks (leher rahim) dimana bertujuan untuk mendeteksi kanker serviks dan kanker di vagina. Serviks adalah bagian paling bawah dari rahim yang menghubungkan vagina dan rahim.

Pada pemeriksaan pap smear dilakukan pengambilan sel-sel serviks lewat usapan pada daerah serviks. Hasil usapan yang berisi sel-sel serviks ini nantinya akan diperiksa di bawah mikroskop dan disimpulkan dalam waktu 1-2 minggu. Agar dapat dilakukan usapan, vagina akan dibuka dengan sebuah alat dari plastik atau besi yang disebut spekulum sehingga akan terasa sedikit tidak nyaman namun tidak nyeri.

Jadi mengenai pertanyaan Anda, apakah dengan tes pap smear,penyakit miom,kista ataupun kista ovari bisa terdeteksi? jawabannya adalah tidak karena ketiga penyakit diatas terletak di dalam rahim, sedangkan pap smear adalah pemeriksaan penunjang yang dilakukan pada leher rahim (Serviks). Ketiga penyakit tersebut dapat diketahui dengan pemeriksaan penunjang USG abdomen atau biopsi.

Demikian infomasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar