Sukses

Merindukan Sosok Pasangan Hidup

02 May 2014, 11:13 WIB
Pria, 18 tahun.
Saya stres Dok. Rasanya pusing, stres, dan takut. Benar-benar ketakutan. Saya punya masalah bermula ketika saya berusia sekitar 15 tahun yang menyebabkan saya sulit sekali mempercayai orang asing, dari situ berkembang sifat introvert saya dan akhirnya hingga saat ini saya menjadi orang yang tidak (suka) berkonsultasi dengan orang lain. Bahkan keluarga sekalipun, karena sejak usia saat itu juga saya didiagnosa kelainan yang dibawa sejak lahir yg membuat saya tidak ingin merepotkan keluarga, dan saat ini masalah tersebut terakumulasi dan kalau saya konsultasi malah sekarang takut direndahkan oleh keluarga dianggap yang tidak benar dan intinya ibu saya selalu "tiba-tiba" merasa sakit (sambil memegang dada) kalau saya menceritakan masalah kecil dibandingkan masalah yang sedang saya hadapi. Berkenaan dengan diagnosa kelainan sejak lahir itu, saya sampai merubah identitas saya dan intinya saat ini saya benar-benar tidak punya teman. Akumulasi masalah dan perasaan yang selalu saya hadapi sendiri (karena tidak berkonsultasi dengan orang lain) saat ini mungkin mencapai puncaknya, karena sekarang saya merasa sangat stres dengan masalah yang tidak mungkin saya ceritakan ke keluarga saya karena banyak sekali resikonya. Intinya semenjak tahun lalu saya seringkali berimajinasi mengobrol sendiri dengan seorang perempuan yang (dalam halusinasi tersebut) saya anggap sebagai pasangan hidup saya, karakter yang mengerti dan memahami perasaan saya, tipe yang saya sukai yang saya pikir menjadi obat tersendiri ketika saya sedang stres. Namun nyatanya saya benar-benar jadi merindukan sosok pasangan hidup yang selalu memeluk saya ketika sedang stres (mengingat saya tidak suka berkonsultasi dengan orang lain), saya ingin sekali cerita dengan pasangan saya tersebut dan mengharapkan pelukannya yang saat ini justru saya substitusi dengan memeluk guling. Saat ini justru saya makin stress karena tidak ada tempat untuk berkonsultasi dan menurut norma masyarakat umur saya masih terlalu muda. Saya hanya merasa ingin mendapat pelukan dari sosok perempuan yang "menjadi pasangan saya". 1. Apakah ada obat yang bisa menghilangkan stres/ketakutan Dok? 2. Atau sebaiknya saya ke psikiater atau ke psikolog Dok? Sayangnya saya benar-benar tidak bisa dan tidak ingin bercerita ke keluarga saya Dok karena banyak sekali salah paham yang akan terjadi, bahkan terlalu banyak masalah yang saya hadapi sendiri ini. Saya pikir saya bisa melakukan aktivitas seperti biasa lagi jika stress/rasa takut saya hilang atau saya mendapat pelukan dari perempuan yang saya cintai/kasihi.
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kesulitan yang saat ini Anda hadapi. Kelainan bawaan seperti apakah yang Anda maksud? Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami stres dan memiliki masalah dalam hidupnya. Tak terkecuali siapapun. Bagaimana kita menyikapinya, tentu berbeda-beda pada setiap individu. Kami tahu mungkin masalah yang Anda hadapi tersebut sangat sulit bagi Anda, tetapi cobalah untuk menerima kenyataan tersebut dan mulailah membuka diri untuk bercerita dengan orang lain. Tidak perlu merasa malu usia Anda masih muda. Anak SD saja bisa juga kok mengalami stress misalnya saat menghadapi ujian sekolah. Cobalah untuk membuka diri dengan berteman atau bergaul dengan orang seumuran Anda misalnya, supaya Anda bisa sejenak melupakan masalah Anda. Atau cobalah melakukan hal-hal atau hobi yang Anda senangi misalnya bermain futsal, bermain video game, dsb.

Anda masih muda dan masa depan Anda juga masih terbentang jauh di depan. Cobalah alihkan masalah Anda tersebut menjadi energi yang positif dengan giat bekerja dan belajar. Dan tentu janganlah lupa untuk selalu berserah diri dan mendekatkan diri pada Tuhan. Karena niscaya semua akan indah pada waktunya. 

Untuk itu kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda:

Hindari Stres: Temukan penyebabnya!

5 Langkah Menghindari Stres

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

7 Cara Cepat Menghilangkan Stres

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar