Sukses

Cara Meningkatkan Hormon Testosteron

20 Oct 2014, 10:51 WIB
Pria, 25 tahun.
assalamualaikum dok salam sejahterah.. Dok, saya mau tanya tentang hormaon testosteron. di usia 25, bagai mana cara meningkatkan hormon tersebut.? terapi atau obat apa yg harus saya jalani?. terimakasih dok
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Untuk tujuan apakah Anda ingin meningkatkan hormon testosteron? Apakah Anda pernah melakukan pemeriksaan laboratorium kadar testosteron dalam darah Anda? Jika ya, bagaimana hasilnya?

Hormon testosteron sangat bervariasi pada pria. Penurunan hormon testosteron akan menurun secara perlahan. Setelah pria berusia di atas 30 tahun, hormon testosteron akan menurun sebanyak kira-kira 1% per tahun. Dan pada usia 70 tahun, penurunan kadar hormon testosteron akan mencapai sebanyak 50%.

Kadar hormon testosteron yang rendah dapat menimbulkan gejala seperti:

  • Perubahan fungsi seksual
    Termasuk disfungsi ereksi, penurunan hasrat seksual, penurunan ereksi spontan, 
    menurunnya kesuburan dan testis yang mengecil.

  • Perubahan pola tidur
    Penurunan testosteron dapat menyebabkan gangguan tidur seperti: 
    insomnia dan mudah mengantuk.

  • Perubahan fisik
    Peningkatan lemak tubuh, penurunan massa otot, kekuatan dan tahanan serta penurunan densitas tulang. Pembesaran payudara (ginekomastia) dan hilangnya rambut tubuh juga dapat terjadi.

  • Perubahan emosional
    Kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan rendahnya motivasi atau percaya diri. Anda akan merasa sedih atau depresi atau memiliki kesulitan mengingat atau berkonsentrasi pada suatu hal.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mengalami gejala-gejala tersebut? Kami rasa pada pria seusia Anda seharusnya tidak ditemukan penurunan kadar hormon testosteron dalam darah, kecuali jika terdapat kelainan lain yang mendasari.

Pada dasarnya, hormon testosteron ataupun hormon-hormon lainnya dalam darah tersebut dapat dijaga keseimbangannya dengan berolahraga teratur, makan makanan bergizi dan beristirahat yang cukup. 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Baik Buruk Testosteron Sintetis

'Menopause' Pada Pria 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar