Sukses

Infark Lakunar di Otak

20 Oct 2014, 10:43 WIB
Wanita, 30 tahun.
selamat sore yth.dokter, di tmpt, sy ingin menanyakan hasil ct scan ibu sy. Ibu sy berumur 54 thn, 2 hr lalu menjalani ct scan kepala (axial) dgn hasil sbb : - tampak bercak-bercak lesi hipodens pada periventrikel lateralis kiri cornu anterior. - perifer sulci, fissura sylvii dan gyri cerebri bilateral simetris, normal. - sistem ventrikel dan sisterna simetris, tdk melebar. - tidak tampak midline shift. Tdk tampak efek desak ruang. - diferensiasi white and grey matter baik. - kalsifikasi fisiolis plexus choroideus ventrikel lateralis bilateral. - infratentorial: tidak tampak lesi pada CPA, cerebellum dan batang otak. - sella dan parasella baik. - intraorbital dan sinus paranasalis yg terlihat baik. - mastoid cerah. Soft tissue dan tulang kalvaria baik. KESAN : - Infark lacunar periventrikel lateralis kiri cornu anterior. - tidak tampak midline shift maupun efek desak ruang. Seperti itu isi hasilny dok, tolong artikan maksud hasil tsb scra keseluruhan kpd sy, trma ksh bnyk dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Infark adalah nekrosis sistemik pada satu tempat di otak, karena perubahan sirkulasi darah, atau kurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak. Infark biasanya terjadi karena penyumbatan aliran pembuluh nadi dan kadang bisa terjadi pada pembuluh balik. 

Lacunar stroke atau infark lakunar (LACI) adalah jenis stroke yang dihasilkan dari kematian jaringan dari salah satu arteri penetrasi yang mensuplai darah ke bagian-bagian dalam otak. Periventrikel lateralis kiri cornu anterior adalah bagian sisi samping kiri dari otak.

Tidak tampak midline shift maupun efek desak ruang artinya tidak adanya peningkatan intrakranial. Peningkatan intra kranial adalah suatu peningkatan yang terjadi di dalam rongga tengkorak. Peningkatan tekanan intrakranial dapat menyebabkan gagal pernafasan dan gagal jantung atau bahkan kematian. 

Karena tidak adanya peningkatan tekanan intrakranial pada hasil CT Scan ibu Anda hendaknya Anda tidak perlu terlalu khawatir, akan tetapi kami sarankan Anda harus segera berkonsultasi langsung ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan terapi optimal. Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

Stroke Infarct: Ketika Pipa di Otak Macet

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.(DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar