Sukses

Apa Akibat Sering Bungkuk?

18 Oct 2014, 23:51 WIB
Pria, 26 tahun.
Selamat malam Dok.., Perkenalkan saya Bian. Saya bekerja sebagai Operator Crane, dalam pekerjaan saya sehari-hari posisi tubuh duduk bungkuk. karena pekerjaan saya menuntut posisi duduk saya bungkuk agar pekerjaan dapat maksimal. yang saya mau tanyakan Dok : 1. Apakah dampak jangka pendek dan jangka panjang dengan posisi saya bekerja duduk bungkuk? yang saat ini saya rasakan badan sering pegal-pegal. 2. Adakah rekomendasi medis atau tubuh manusia diperbolehkan duduk posisi bungkuk berapa lama? dan kemudian tubuh harus diluruskan atau diistirahatkan berapa lama juga? agar saya bisa mengatur untuk kesehatan saya dan pekerjaan saya tetap dapat maksimal. terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Posisi tubuh membungkuk saat duduk memang dapat menyebabkan keluhan pegal-pegal atau nyeri punggung. Sebaiknya gunakan kursi yang memiliki sandaran di bagian belakang. Cobalah selalu meluangkan waktu berjalan-jalan saat break kerja atau lakukan stretching/peregangan setiap 30-40 menit untuk menghindari rasa penat dan peredaran darah yang tak lancar. Selain menyehatkan punggung, juga mengistirahatkan mata untuk beristirahat dari hadapan komputer. Selalu perhatikan postur tubuh saat duduk, berdiri, atau berbaring, postur yang salah dapat menyebabkan pegal atau nyeri. Posisi duduk yang benar adalah duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu kebelakang, bokong harus menyentuh bagian belakang dari kursi.

Saat di rumah, lakukan olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya. Olahraga selain baik untuk kesehatan juga dapat mengurangi keluhan pegal-pegal karena memperlancar aliran darah dan mengurangi kaku otot/meningkatkan kelenturan otot. Selain itu, Anda juga dapat melakukan olahraga untuk memperkuat otot-otot punggung.

Berikut kami lampirkan artikel yang berhubungan dengan keluhan Anda:

Olahraga untuk Atasi Nyeri Punggung Bawah

Kursi Tepat, Punggung Sehat

Mengenal Sakit Punggung

Jagalah Kesehatan Punggung Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (DK) 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter
 

0 Komentar

Belum ada komentar