Sukses

Cara Mendeteksi HIV & Waktu yang Tepat Diperiksa

20 Oct 2014, 07:17 WIB
Wanita, 17 tahun.
Dokter saya mau bertanya beberapa pertanyaan seputar hiv 1. Apakah hiv dapat terdeteksi dengan tes darah seperti yg umumnya dilakukan apabila kita sakit atau ada cek khususnya ? 2. Teman saya sebulan kemarin melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom, apabila sekarang teman saya melakukan cek darah apakah virus hiv tab sudah terdeteksi dalam sebulan setelah terinfeksi ? Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda. 

1. Apakah hiv dapat terdeteksi dengan tes darah seperti yg umumnya dilakukan apabila kita sakit atau ada cek khususnya ?

Iya. HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

2. Teman saya sebulan kemarin melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom, apabila sekarang teman saya melakukan cek darah apakah virus hiv tab sudah terdeteksi dalam sebulan setelah terinfeksi ?

Bisa iy a atau tidak. Antibodi biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi. Masa ini disebut periode jendela (window period). Dalam masa seperti ini, bisa saja seseorang mendapatkan hasil tes negatif karena antibodinya belum terbentuk sehingga belum dapat dideteksi , tapi jika iya memang mengidap HIV sudah bisa menularkan virus. 

Berikut kami lampirkan artikel yang dapat menambah informasi Anda dan teman:

Inilah 3 Gejala Awal HIV/AIDS

Apakah HIV Menular Melalui Ludah?

Dua Orang Sembuh HIV-AIDS

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam, 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar