Sukses

Bisul dan Menderita Diabetes

19 Oct 2014, 15:08 WIB
Wanita, 17 tahun.
pagi dok, saya mau nanya ibu saya ada bisul diperut sebelah kiri, tapi ibu saya juga punya penyakit diabetes, terus bisunya keras gak ada matanya, terus bisulnya benanah tapi masih keras, itu kenapa yah dok ? makasih sebelumnya :)

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Ciri khas penampakan bisul adalah adanya benjolan yang disertai puncta (mata). Apakah ada demam saat bisul muncul ? daerah sekitar benjolan apakah kemerahan? disertai nyeri? 

Masih ada kemungkinan benjolan tersebut berupa bisul. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Terlebih ibu Anda menderita diabetes. pada penderita diabetes dapat juga terjadi gangguan yang membuat luka sulit sembuh. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit, terutama penyakit kulit dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seperti:

  • Pemeriksaan fisik untuk melihat ujud kelainan kulit
  • Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan seperti ini?
  • Bagaimana awal mula terjadinya?
  • Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut sebelumnya?

Dengan dilakukan pemeriksaan fisik maka dokter akan melihat langsung kondisi yang Anda alami dan mungkin saja dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan hingga terbentuk suatu diagnosis dan dapat diberikan pengobatan lebih lanjut. Terlebih ibu Anda menderita diabetes. Untuk itu kami menganjurkan agar ibu Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter umum ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin di lokasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam, 


Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar