Sukses

Berat Badan Bayi

27 Apr 2014, 18:42 WIB
Pria, 34 tahun.
Dokter, saya ingin bertanya tentang perkembangan anak bayi saya, riwayat lahir cesar (postdate) BB 3.3kg PB 49cm. Saat ini umur 5 bln, BB 5.8kg, PB 62cm, LK 42cm. Asupan makannya asi + susu formula. Saat ini belum bisa tengkurap dngn sempurna ( baru miring, terus tengkurap, tapi blm bisa mengangkat badan dan kepalanya sama sekali sehingga satu tanganya tertindih badan). Sudah 2 bln lebih BB nya gak nambah. Sekitar umur 3.5 bln kami periksakan ke dokter spesialis anak (karena blm bisa tengkurap), oleh dokter diberikan vitamin dan saran agar asupan susu formulanya ditambah biar BB-nya naik. Sekitar seminggu yang lalu kami periksakan kembali dan ternyata BB nya masih stagnan, dokter menyarankan agar dilakukan tes darah + rontgen. Dan ternyata hasil tes darah + rontgent tidak ditemukan adanya kelainan.Oleh Dokter kemudian memberikan vitamin serta akan dilihat perkembangan dalam satu bulan kedepan. Dokter...apakah langkah2 tersebut sudah cukup? Saya kawatir jika ada kelambatan perkembangan dan tidak segera diatasi akan berdampak pada pertumbuhan kemudian hari. Kondisi bayi selama ini baik, minumnya kuat, tidak pernah ada keluhan sakit (cuma kadang2 panas) \, mampu berinteraksi dan menerima respon dengan baik. Mohon pencerahanya... terima kasih dan salam....

Terima kasih atas pertamyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Menurut pendapat Kami, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Sedangkan untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. Sekarang ini berat badan bayi Anda 5,8 kg, di usia 6 bulan diharapkan berat badannya 2x berat badan lahir,yaitu sekitar 6,6 kg.

Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram. Bagaimana frekuensi minum susu nya? apakah ada masalah dalam proses menyusu nya? 

Tindakan yang telah dilakukan oleh dokter Anda sudahlah benar, coba observasi perkembangan bayi Anda dilihat bulan depan kembali. Sementara itu,bulan depan anak Anda sudah memasuki masa MPASI, asupan makanan menjadi bertambah,asupan ASI + Sufor juga tetap dilakukan. diharapkan berat badan pun akan bertambah dan yang lebih terpenting anak Anda dalam keadaan sehat.

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

Manfaat Air Susu Ibu

Informasi Bagi Orang Tua

Panduan Makanan Bayi

Jadwal Makan Bayi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar