Sukses

Nyeri Haid Sampai Berhenti Datang Bulan

19 Oct 2014, 03:54 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok,kenapa setiap mau datang bulan sampai berhenti datang bulan punggung saya terasa sakit sekali.apakah itu penyebab saya tak bisa mempunyai keturunan,sementara saya sudah 4 tahun menikah.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai pertanyaan Anda,kemungkinan tidak ada hubungan antara keluhan yang Anda rasakan dengan tidak bisanya hamil. Akan tetapi lebih baik jika pemeriksaan fisik dilakukan untuk menegakkan diagnosis yang ada. Apakah Anda dan suami sudah melakukan pemeriksaan ke dokter ?

Nyeri haid ini masih dibilang normal jika berlangsung selama 2 - 3 hari, umumnya dimulai sehari sebelum mulai menstruasi. Jika Ibu telah mengalami nyeri haid ini sejak pertama kali menstruasi, hal ini disebutkan dismenore primer, dan merupakan hal yang normal atau fisiologis. Seiring dengan bertambahnya usia, intensitas nyeri semakin berkurang, dan biasanya akan hilang setelah mengalami kehamilan.

 

Dismenore sekunder berarti nyeri haid karena sebab-sebab tertentu berupa kelainan dari rahim, saluran tuba, dan indung telur, seperti peradangan dinding rahim, kista indung telur, infeksi rahim, dan radang rongga panggul. Salah satu faktor risiko nyeri haid yang berlebih adalah penggunaan kontrasepsi spiral. Riwayat merokok atau minum minuman beralkohol juga merupakan faktor risiko. Untuk mengatasinya, tentunya perlu ditangani penyebab-penyebab yang disebutkan di atas.

 

Ibu menyebutkan bahwa nyeri haid masih dirasa sesudah haid. Apakah maksud Ibu, nyeri dirasakan terus menerus selama menstruasi (sampai 5 - 7 hari) dan tetap dirasakan walaupun darah menstruasi sudah tidak keluar lagi? Apakah nyeri juga dirasakan saat sedang tidak menstruasi? Ibu sebaiknya menghubungi dokter jika: nyeri haid menjadi lebih lama dari biasanya, nyerinya semakin hebat atau berbeda dari yang pernah dirasakan sebelumnya, perdarahannya sangat banyak, atau ada tanda-tanda infeksi seperti demam, mengigil, nyeri pada tubuh, yang muncul saat berlangsungnya menstruasi. Ibu juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika nyeri panggul dirasakan pada hari-hari lain atau saat berhungan dengan suami. Jika terdapat tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, bisa saja nyeri haid Ibu merupakan dismenore sekunder, karena ada  gangguan organik pada sistem reproduksi Ibu. 

 

Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA) 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar