Sukses

Menaikkan Berat Badan & Konsumsi Kuning Telur berlebih

19 Oct 2014, 22:20 WIB
Pria, 25 tahun.
selamat pagi dokter. usia sya 25, BB 55, tinggi 168. gmn cara ny menaikkan BB mnjadi 70 kg.? . kalau kita mengkonsumsi telur 8 smpai 10 butir sehari dan kita makan kuning ny juga .. apakah berbahaya? apa dampaknya jika makan kuning telur sebanyak itu. apa bisa resiko hipertensi? TD biasa 110/70 mmhg. trima ksh sblmnya.

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Merujuk dari data berat badan dan tinggi badan yang telah Anda sampaikan. Perhitungan Indeks Massa Tubuh Anda masih dalam kategori ideal. Jadi saran kami tidaklah perlu untuk menaikan berat badan menjadi 70kg, karena resiko berat badan berlebih justru akan mengancam kesehatan Anda.

Pada dasarnya untuk meningkatkan berat badan hal yang hanya diperlukan adalah menambah asupan kalori per hari. Secara ideal seorang pria dewasa yang aktif membutuhkan 2200 kkal setiap harinya. Sementara untuk wanita dewasa membutuhkan sekitar 1900 kkal per harinya.

Dalam kasus untuk menaikkan berat badan, anda cukup menaikkan kebutuhan kalori sebanyak 1000 kkal. Jika berjalan dengan baik, maka dalam seminggu umumnya berat badan akan naik setengah kilo dalam kurun waktu satu minggu.

Pada prinsipnya bukanlah hanya dengan makan banyak, namun juga makan dengan makanan yang mengandung kalori lebih tinggi daripada yang dibutuhkan seharinya.

 

Seperti halnya menggantikan nasi dengan roti. Karena kalori roti lebih besar daripada nasi. Atau bisa juga tetap memakan nasi pada jam makan kemudian diikuti cemilan roti 1 jam sekali.

 

Terpenting dari semua kiat adalah melakukan aktifitas olahraga. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi setelah berolahraga. Seperti roti, kacang dan lainnya. Sebab, pada saat nutrisi yang masuk terkonversi menjadi lemak akibat kurangnya aktifitas, maka lemak akan menumpuk di dalam tubuh dan sulit dihilangkan.

 

Mengenai efek samping dari konsumsi kuning telur berlebih apakah berbahaya, jawabannya adalah iya. Karena konsumsi kuning telur berlebih akan berpotensi penyakit jantung. Dinding jantung akan mengalami aterosklerosis. Aterosklerosis akan menghambat sistem transport darah ke sel otot jantung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA) 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar