Sukses

Nyeri Klitoris & Wasir

18 Oct 2014, 14:40 WIB
Pria, 28 tahun.
Asslmkm dok.. Langsung aj istri sy ada keluhan di klitorisny saat kencing dan terangsang jg saat di sentuh dok, kira2 penyebabnya apa dan bagaimana solusinya? Jg dia ada krluhan gejala ambeien dari masa hamil sampai pasca melahirkan pun blm srmbuh mhn solusinya? Terima kasih..

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada klitoris dapat  disebabkan  oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi, trauma (terbentur), perlukaan akibat terlalu keras menggaruk, dan bila anda sudah menikah maka dapat juga disebabkan oleh hubungan seksual. Klitoris terangsang saat disentuh adalah hal yang normal. Klitoris akan membesar ukuirannya saat terangsang. Saran kami saat ini adalah jaga kebersihan kemaluan agar tidak lembab (ganti celana dalam sering), dan jaga kebersihannya. Dengan cara ini kemungkinan nyeri dikarenakan infeksi dapat dikurangi kejadiannya.
Untuk penyebab yang lain, seiring dengan waktu maka keluhan akan menghilang. Kami sarankan istri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan masih ada. 

Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

7 TIps Mencegah Sulit BAB

Mengenal Serat Lebih Dekat

10 Makanan Kaya Serat

Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar