Sukses

Kaki Gatal Sudah 1 Bulan

28 Apr 2014, 10:24 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok, sudah hampir sebulan gatal pada kaki saya belum kunjung sembuh. Saya sudah berkonsultasi ke-2 dokter umum yang berbeda. Katanya sih dermatitis seperti alergi makanan, dan pemicunya bisa juga stress lalu terkena oli tapi terlambat dicuci (kurang bersih). Efek gatal tersebut menimbulkan tonjolan yang sangat kecil sehingga pas saya garuk menjadi terluka namun gak terlalu banyak. Gejala lainnya kok kaki saya terasa dingin atau lemas gitu, ya. Agak beda sewaktu kaki saya masih normal seperti biasanya. Oiya, saya juga jarang kena sinar matahari, dok. Apa ada hubungannya dengan penyakit saya?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Apakah tonjolan yang dimaksud oleh Anda adalah tonjolan kecil yang berisi cairan didalamnya seperti lentingan ? terapi apasaja yang sudah diberikan oleh dokter Anda?

Kelainan pada kulit yang berupa tonjolan  atau lentingan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, diantaranya infeksi virus ataupun oleh infeksi bakteri (dikenal dengan nama impetigo), selain itu bisa juga disebabkan oleh reaksi peradangan (dermatitis). Keduanya hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. 

Kedua penyakit tersebut memerlukan penanganan yang berbeda. Untuk penyakit akibat virus dapat diterapi dengan menggunakan obat antivirus, sementara untuk penyakit impetigo dapat diatasi dengan menggunakan salep antibiotik. Karena itu, kami sarankan agar anda segera membawa anak anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga anak anda dapat memperoleh pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Sinar matahari tidak berhubungan dengan keluhan yang Anda alami, akan tetapi sinar matahari (dibawah jam 09.00) tetaplah penting karena penting untuk pembentukan vitamin D. JIka keluhan masih tetap ada,kamis arankan Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan terapi optimal.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait kelainan kulit yang memiliki keluhan gatal dan berbentuk lenting.

Impetigo

Dermatitis Atopik (Telapak Kulit Pecah-pecah dan Kasar)

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu dan Anda lekas sembuh (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar