Sukses

Boleh Minum Susu Diabetes?

19 Oct 2014, 19:00 WIB
Pria, 23 tahun.
Selamat sore dokter, gula darah puasa saya 101 mg/dl. dan sewaktu 122 mg/dl. dapatkah saya mengkonsumsi produk khusus diabetes (misalnya diabetasol) untuk menurunkan kadar gula saya? Terima Kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhomat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.


Berdasarkan data yang Anda berikan, kondisi Anda normal sehingga tidak memerlukan konsumsi produk khusus.

Pada umumnya seseorang yang menderita kencing manis akan memiliki gejala klasik, yaitu 3 P (polifagi; banyak makan, poliuri; banyak kencing; polidipsi; banyak minum) ditambah dengan BB turun tanpa penyebab yang jelas. Selain itu dapat pula timbul keluhan yang tidak klasik, yang bila telah muncul maka pada umumnya pasien tersebut telah menderita diabetes dalam waktu yang cukup lama. Keluhan tersebut diantaranya timbul luka pada kaki, gangguan penglihatan, disfungsi ereksi, keluhan baal pada kaki, keputihan abnormal pada wanita, dsb.

Hal yang terpenting dalam mencegah terjadinya diabetes adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Penelitian telah membuktikan bahwa perilaku hidup sehat (makan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga, dsb) yang dijalankan secara teratur dapat mengurangi kejadian diabetes pada kelompok yang mengikuti penelitian dibandingkan dengan kelompok yang mendapat obat-obatan sekalipun. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjalankan pola hidup sehat untuk terhindar dari diabetes.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Terimakasih.

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar