Sukses

Sesak Napas & Sulit Tidur

17 Oct 2014, 21:49 WIB
Wanita, 30 tahun.
Sebetulnya pertanyaan ini untuk teman dekat saya,karena malu teman saya meminta saya yg menanyakan Jadi permasalahannya sbb Teman saya panggil saja x, seringkali merasakan sesak di bagian sebelah kanan dan jg punggung ketika bernafas dan itu dialami ketika sore atau malam hari Selain itu jg mengalami susah tidur, dan ketika terlalu lelah kadang mimisan atau mengeluarkan darah dari mulut Saya ingin mengajak berobat tetapi teman saya ini takut sekali jika tahu hasil diagnosanya Mungkin dokter bisa membantu kira? apakah penyakit teman saya ini? Atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk teman Anda! Kami memahami kekhawatiran yang teman Anda rasakan. 

Saat ini, pada usia sekitaran usia Anda memang sebaiknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up) agar dapat memantau kondisi kesehatan diri. Teman Anda sebaiknya melakukan medical check up (Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?) untuk mengetahui status kondisi kesehatan teman Anda saat ini, jika keluhan yang Anda alami tidak khas. 

Jika teman Anda telah menjalani serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang terkait dengan gejala sesak napas sesuai anjuran dokter dan tidak didapatkan kelainan secara fisik terkait keluhan maka masalah yang dialami mungkin adalah gangguan psikosomatis.

Gangguan psikosomatis adalah terjadinya keluhan fisik namun tidak ditemukan adanya gangguan fisikal yang dapat menjelaskan penyebab dari keluhan tersebut. Sindroma ini diklasifikasikan sebagai bagian dari neurotik, gangguan yang berkaitan dengan stres, dan gangguan somatoform oleh World Health Organization. Keluhan Anda mengarah ke psikosomatis bila tidak ditemukan kelainan baik fisik maupun pemeriksaan fisik dan penunjang pada Anda. Selain itu keluhan Anda tidak membaik dengan berbagai obat-obatan yang sudah diberikan.

Pengobatan psikosomatis merupakan integrasi berbagai bidang ilmu seperti psikiatri, psikologi, neurologi, dan berkaitan dengan bidang keluhan Anda yaitu penyakit dalam. Sebelumnya harus dicari terlebih dahulu apa pencetus dari psikosomatis ini, apakah faktor stres, depresi, atau penyakit kronik yang membuat seseorang menjadi depresi (kanker, asma, ulkus peptikum, stroke) atau malah ketakutan bila mengidap penyakit tertentu.

Gangguan cemas juga dapat memberikan gejala berupa sesak napas, nyeri dada, jantung berdebar, keringat berlebih, dsb. Jika Anda selalu diliputi ketakutan maka apapun aktivitas yang Anda lakukan, Anda akan mengalami keluhan-keluhan yang memberatkan Anda.

Kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Sesak Napas

Keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini disebut dengan insomnia. Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?

Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur. Bagaimana dengan Anda, adakah faktor-faktor yang saya sebutkan Anda alami?

Untuk itu perhatikan bagaimana pola tidur Anda. Kami sertakan beberapa artikel yang dapat membantu Anda untuk memiliki jadwal tidur yang baik. Untuk pengobatan sebaiknya memang Anda coba tips-tips kami dahulu, oleh karena beberapa obat tidur dapat menimbulkan ketergentungan. Bila keadaan ini sangat menggangu kehidupan Anda, memang sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis psikiatri untuk pengobatan lebih lanjut. 

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Insomnia

Tidur Sehat, Tidur Berkualitas

 

Solusi Sulit Tidur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar