Sukses

Alergi/Iritasi/Luka?

29 Apr 2014, 18:56 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat malam dok, saya punya masalah kulit! Awalnya kulit tangan saya terkena setrika lalu langsung saya berikan salep Bioplacenton setelah itu muncul benjolan seperti air lalu pecah, dari pecahan air itu timbul bintik merah dan gatal. Sampai sekarang sudah 1 bulan lebih belom lekas sembuh, mama saya menyarankan memakai Pi Kang Shuang, cuma mengurangi kemerahannya tanpa ada perubahan sedikitpun. Apakah ada salep lain yang bisa mengatasi alergi kulit saya dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Saat ini keluhan apa saja yang Anda alami?

Saran kami, Anda memeriksakan diri ke dokter sehingga dokter Anda dapat memeriksa langsung kondisi kulit Anda apakah alergi, iritasi atau luka.

Jika Anda merasakan ada keluhan luka atau iritasi atau alergi, memang paling baik segera diperiksakan ke dokter agar dapat diketahui dengan pasti keparahannya. Sebagai pertolongan pertama Anda dapat memastikan kebersihan kulit Anda dengan pembersihan menggunakan antiseptik seperti povidon iodin (misalkan: betadine).

 

Selain itu, untuk mendukung proses penyembuhan luka atau iritasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka atau iritasi yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan rawatlah luka dengan rutin dan teratur setiap hari.

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen.
Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi   Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi  Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

 

Untuk mengatasi alergi, memang tidak cukup hanya dengan obat-obatan, namun perlu diketahui faktor pencetus dan menghindarinya, termasuk alergen makanan dan inhalan. Apakah faktor pencetus yang menyebabkan Anda mengalami alergi? Bila telah menemukannya, maka  Anda harus menghindarinya. Obat-obatan yang diberikan dokter hanya merupakan penunjang untuk mengurangi gejala. Gejala alergi tetap akan timbul selama faktor yang menyebabkannya tidak diatasi.

Semoga Anda cepat sembuh.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar