Sukses

Berat Badan dan Perkembangan Bayi

19 Oct 2014, 15:14 WIB
Pria, 34 tahun.
Dokter, saya ingin bertanya tentang perkembangan anak bayi saya, anak pertama, Laki laki, lahir cesar (postdate) dgn BB 3.3kg PB 49 cm. Saat ini umur 5 bln, BB 5.8 kg, PB 62 cm, LK 42 cm, minum asi + susu formula. Sudah 2 bln lebih BB nya gk nambah, dan sekarang msh blm bisa tengkurap dng sempurna (bisa miring dan tengkurap, tp blm mampu mengangkat badan dan kepalanya sama sekali, sehingga satu tanganya tertindih badan). sekitar 1.5 bln kemarin kami periksakan ke dokter spesialis anak, oleh dokter diberikan vitamin untuk diminumkan, dan dokter menyarankan agar asupan susus formulanya ditambah agar BB nya cepat naik. Minggu kemarin kami periksakan kembali, dan ternyata BB nya masih stagnan. Dokter menyarankan agar dilakukan tes darah + rontgen, dan dari hasil rongent/tes darah tidak didapati adanya kelainan. Kemudian dokter hanya memberikan vitamin kembali serta asupan asi+susu formulanya ditambah, dan akan dilihat hasilnya satu bulan kemudian. Dokter.. apakah langkah2 tsb sudah cukup ? Saya kawatir jika ada kelambatan pertumbuhan dan tidak segera ditangani akan berdampak pada perkembangannya kemudian.. Kondisi bayi selama ini baik.. tidak pernah batuk, aktif, bisa berinteraksi, menerima respon dengan baik. Mohon pencerahanya...terima kasih dan salam.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam saya untuk buah hati Anda dan keluarga. Saya memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Pada rentang usia 3-6 bulan, seorang anak pada umumnya sudah mampu melakukan:

  • Berbalik dari telungkup ke telentang
  • Mengangkat kepala setinggi 90º
  • Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
  • Menggenggam pensil
  • Meraih benda yang ada di dalam jangkauannya
  • Memegang tangannya sendiri
  • Berusaha memperluas pandangan
  • Mengarahkan matanya pada benda-benda kecil
  • Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
  • Tersenyum ketika melihat mainan / gambar yang menarik saat bermain sendiri. 

Bagaimana dengan anak Anda? Apakah hal-hal lainnya sudah bisa ia lakukan? Jika belum juga bisa mengangkat kepala dan tengkurap sedangkan hal-hal lain ada yang sudah dicapai maka masalahnya merupakan kurangnya stimulasi.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan stimulasi yang sesuai agar anak Anda mau belajar untuk menegakkan kepalanya, misal dengan meletakkannya dalam posisi telungkup kemudian memberikan stimulasi mainan di hadapannya dengan posisi agar anak dapat belajar mengangkat kepalanya. Apakah anak Anda mau menegakkan kepalanya setelah distimulasi?

Kami mengerti kekhawatiran Anda.  Menurut pendapat Kami, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Sedangkan untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. Sekarang ini berat badan bayi Anda 5,8 kg, di usia 6 bulan diharapkan berat badannya 2x berat badan lahir,yaitu sekitar 6,6 kg.

Tindakan yang telah dilakukan oleh dokter Anda sudahlah benar, selain memperhatikan asupan makanannya, perlu Anda perhatikan juga stimulasi pada anak Anda sehingga dapat mencapai tahap-tahap perkembangan sesuai usianya. Perhatikan nafsu makan (minum susu), timbang bayi dengan timbangan yang sama dan pantau terus dalam 1 bulan ini. 

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

Manfaat Air Susu Ibu

Informasi Bagi Orang Tua

Panduan Makanan Bayi

Jadwal Makan Bayi

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar