Sukses

Konsumsi Obat Ibu Hamil Sendi Sakit

20 Oct 2014, 03:19 WIB
Wanita, 32 tahun.
selamat siang dokter, dok saya sakit rheumatoid arthritis yang sangat parah, bahkan saya sudah 4 tahun tidak bisa jalan tapi saya tidak mengkonsultasikan sakit saya ini ke dokter spesialis karna keterbatasan biaya. dulu sebelum menikah saya pasien dr. zuljasri albar. sekarang untuk menghilangkan sakit di setiap sendi saya mengkonsumsi obat china dok. dan sekarang saya sedang hamil kira2 usia kandungan 4 minggu. kalau saya tidak mengkonsumsi obat china itu badan saya sakit semua bahkan sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur. saya berdomisili di bandar lampung dan disini tidak ada dokter ahli reumatologi untuk berkonsultasi masalah kehamilan saya. apa yang harus saya lakukan dok? apakah ada obat yang aman untuk saya konsumsi setidaknya selama masa kehamilan saya? trimakasaih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, penyakit Reumatoid Artritis dalam kehamilan perlu ditangani dengan seksama. Hal ini disebabkan karena banyak obat-obatan yang perlu dikonsumsi tidak dapat dikonsumsi dalam kehamilan. Untuk pilihan obat-obatan ini, Anda perlu mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat disesuaikan dengan usia kehamilan Anda.

Selain itu, Anda juga memerlukan suplemen vitamin dan mineral untuk membantu Anda mengatasi kebutuhan nutrisi dalam kehamilan dengan penyakit ini.

Olahraga juga dapat membantu mengurangi nyeri, misalkan dengan peregangan otot-otot dan sendi-sendi Anda. Berenang atau berjalan kaki dapat membantu persendian dan kerja jantung Anda.

Mengenai obat Cina yang Anda konsumsi, sayangnya kita tidak mengetahui kandungan yang ada di dalamnya sehingga sulit untuk mengetahui apakah obat tersebut aman untuk kehamilan Anda atau tidak. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Umum Daerah, dan akan lebih baik jika Anda menggunakan jamkesmas atau Jaminan Kesehatan Nasional untuk keringanan biaya.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

 

Salam,                                       

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar