Sukses

Paru-paru Terendam Cairan (2)

29 Apr 2014, 09:49 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dear dokter, Pagi ini saya ambil hasil ronsen ketiga dengan keterangan sbb : Foto thorax PA Tampak perselubungan di basal hemithoraks kanan yg meliputi sinus kostrofrenikus dan diafragma paru kanan Tampak pula infiltrat pafa apeks paru terutama kanan dan pada parakardial kedua paru Jantung : sulit dievaluasi, batas kanan tertutup perselubungan Mediastinum superior dan aorta tak melebar Trakhea di tengah. Hilus kiri menebal Sinus kostofrenikus dan diafragma kiri baik Soft tissue dan tulang-tulang dinding dada baik Kesimpulan : TB Paru dengan efusi pleura dextra, dibandingkan dengan foto sebelumnya, saat ini : infiltrat paru dan efusi pleura dextra relatif stqa Mohon penjelasan detail nya dok Apakah penyedotan cairan merupakan cara satu2nya yg harus ditempuh? Bisakah hanya dengan pengobatan yg diminum saja Mohon informasinya, terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen paru yang Anda lampirkan, efusi pleura (peru terendam air) menandakan adanya cairan pada rongga pleura Anda. Salah satu penyebab adanya cairan adalah infeksi. Sayang sekali kami tidak mengetahui setinggi apa cairan menutupi paru-paru Anda. Adanya cairan dapat menghambat proses pengembangan paru dalam proses pernapasan. Apakah saat ini Anda mengalami gangguan pernapasan? Jumlahnya nampaknya tidak mengalami perubahan sejak foto Anda sebelumnya. Anda sebaiknya membawa hasil foto rontgen Anda ke dokter untuk evaluasi juga terhadap bunyi suara napas Anda.

Namun yang paling penting adalah mengetahui penyebab terjadinya efusi pleura Anda. Apakah Anda memiliki gejala, seperti batuk, demam, sesak atau penurunan berat badan? Jika benar, kami anjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam atau dokter spesialis paru. Perlu diketahui banyak kemungkinan penyebab dari penemuan pada rontgen ini, termasuk salah satunya TBC. Dan hal ini dikonfirmasi dari hasil pemeriksaan rontgen Anda. Namun perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan dahak karena pemeriksaan rontgen bukan standar diagnosisnya.

Kami lampirkan beberapa artikel kesehatan untuk Anda baca:

Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lengkap dan penanganan segera sebelum penyakit Anda semakin memperparah kondisi tubuh Anda. TBC dapat disembuhkan dengan pengobatan yang benar namun jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar