Sukses

Batuk Berdahak Sudah Lama

20 Oct 2014, 02:21 WIB
Wanita, 29 tahun.
Selamat pagi dok, Dok Saya mau konsultasi tentang penyakit suami saya. Suami saya berumur 35 tahun sudah lama sakit batuk berdahak sudah minum obat tetapi belum sembuh lendirnya seperti memenuhi dadanya dok, telapak tangan dan kakinya selalu basah dan tubuhnya sedikit lemas, memang dia sangat suka minum kopi dan merokok. yang ingin saya tanyakan : 1. suami saya sakit apa ya dok 2. obat apa yang bisa mengeluarkan lendirnya apa harus diuap dok 3. Adakan Makanan dan minuman tertentu yang tidak boleh di konsumsi oleh suami saya Mohon bantuannya dok TRImakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat.

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk suami Anda dan keluarga. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang suami Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1.  Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)
  2.  Asma
  3.  Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus
  4.  Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)
  5.  GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau        terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 
  6. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 
  7. Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus suami Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang, terlebih suami Anda sudah cukup lama mengalami keluhan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar