Sukses

Kaku Sendi pada Pagi Hari

25 Apr 2014, 17:13 WIB
Pria, 35 tahun.
dear dokter, pada tgl 5 april 2014 saya terkena campak jerman. Dan tidak lama kemudian tubuh muncul bintik-bintik merah, nyeri sendi, kaki dan tangan terasa kaku. Seminggu kemudian saya sudah sembuh. Tetapi sampai saat ini tgl 23 april, sekitar jari-jari tangan, pergelangan tangan dan jari-jari kaki masih terasa sakit kalau di tekuk/tangan terasa kaku saat mengengam.Dan setiap bangun pagi jari-jarinya terasa sakit. Apakah ini akibat dari campak jerman? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah artritis reumatoid (AR), dimana keluhannya terutama terjadi di pagi hari dan hilang beberapa lama kemudian, lalu paling sering terkena pada sendi-sendi kecil. AR salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Autoimun adalah kegagalan fungsi sistem kekebalan tubuh yang membuat badan menyerang jaringannya sendiri.

Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Gejala dan tanda dari AR dapat dilihat sebagai berikut :

  • Nyeri sendi
  • Pembengkakan sendi
  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan
  • Tangan kemerahan
  • Lemas
  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit
  • Demam
  • Berat badan turun

Artritis reumatoid biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher. Penyakit ini dapat dipicu oleh infeksi campak pada awalnya.

Kopi tidak berhubungan dengan artritis reumatoid, namun rokok dikatakan meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini. Untuk sementara, Anda dapat meminum obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, atau asam mefenamat untuk mengurangi nyeri. Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan diagnosis Anda melalui wawancara yang mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang. 

Untuk informasi lebih lengkap, berikut kami lampirkan artikel mengenai artritis reumatoid.

Artritis Reumatoid (Rematik)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 
Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar