Sukses

Benjolan di Leher, Tiroid?

18 Oct 2014, 13:58 WIB
Wanita, 28 tahun.
Siang dok, terima kasih adanya forum ini. Dok saya mau tanya di leher sebelah kiri saya terdapat benjolan sebesar 0,65 cm dok. menyut sering sakit. Yg saya mau tanyakan apakah benjolan tersebut tomor / tyroid? hasil pemeriksaan T3, T4, TSH normal. keringat berlbhan rambut sll basah. Apakah ini termasuk tyroid dok? hasil biopsi cm peradangan. udh minum obat kempes stelah sebulan benjolan kembali semula besar lg. Saya harus konsul ke dokter penyakit dalam apa dokter bedah dok. saya tinggal di palembang. Terima kasih atas jawabannya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Sudah berapa lama benjolan ini tumbuh? Bila memang baru tumbuh, tidak keras, atau tidak nyeri kemungkinan besar benjolan tersebut tidak ganas namun untuk membedakannya kami sarankan agar Anda  memeriksakan diri ke dokter , dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak atau disebabkan karena masalah tiroid atau bukan.

Jadi, saran kami Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar