Sukses

Penanganan Kleptomania

27 Jan 2016, 15:12 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dear Dokter .. saya ingin tanya Dokter bagaimana cara menghadapi orang yang memilik penyakit klepto ? Just Info, saya tinggal di rumah kost dan salah seorang teman kost sya suka mengambil barang barang misalkan pakaian saat dijemur dok,dan itu terbukti karena pernah melihat dia memakai pakaian yg bukan miliknya tersebut,dan itu terjadi berulang kali yang mana kami di kosan sering kehilangan barang barang milik pribadi. Terima Kasih sebelumnya dokter..

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kleptomania adalah suatu kategori keadaan yang termasuk dalam Impulse Control Disorders.

Impulse Control Disorders adalah grup spesifik dan gangguan tingkah laku impulsif yang sudah dikategorikan sebagai gangguan psikiatri di bawah DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). Definisi dari Impulse Control Disorders adalah kegagalan untuk menolak atau mengendalikan tindakan impulsif yang dapat berbahaya bagi dirinya maupun sekitarnya. Tingkah laku impulsif ini dapat merujuk ke tindak kekerasan, kelainan seksual, suka berjudi, menyalakan api, mencuri, dan tingkah laku menyiksa diri sendiri. Terdapat 6 kategori yang termasuk diagnosis ini, yaitu :

  • Intermittent Explosive Disorder (ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol amarah dan kekerasan)

  • Kleptomania (ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol tindakan mencuri baik di rumah maupun di toko)

  • Pyromania (ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengendalikan keinginan menyalakan api)

  • Pathological Gambling (ditandai dengan tindakan berjudi terus menerus)

  • Trichotillomania (ditandai dengan tindakan tidak terkontrol untuk menarik dan mencabuti rambut, terkadang terdapat daerah-daerah botak di kepala)

  • Tidak spesifik

Karena termasuk dalam masalah gangguan psikiatri maka penanganannya sulit jika dilakukan sendirian, diperlukan bantuan medis profesional untuk mengatasi masalah ini. Yang harus dihindari adalah tindakan main hakim sendiri dari Anda dan teman-teman di kos. Usahakan untuk melakukan pendekatan personal kemudian juga lakukanlah tindakan preventif dengan memberi penanda khusus atau nama tersembunyi pada barang-barang milik pribadi Anda sehingga ketika Anda lihat barang tersebut ada pada teman Anda yang kleptomania, maka Anda bisa membuktikan bahwa dirinya mengambil barang tersebut. Beritahukan baik-baik kepadanya bahwa dia membutuhkan pertolongan medis yang serius dan terarah dari dokter spesialis psikiatri untuk membantu dirinya mengatasi masalah ini.

Tidak ada yang mudah dalam mengatasi masalah seperti ini. Diperlukan kesabaran dan kepedulian, untuk itu adanya anggota keluarga atau teman dekat akan sangat membantu dalam proses perbaikan dari diri orang tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar