Sukses

Merasa Sakit Setelah Melahirkan

20 Oct 2014, 00:01 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat siang dok... Sebelumnya saya berterima kasih atas penjelasannya pda pertanyaan saya sbelumnya. Begini dok... Saya baru melahirkan sekitar 3 minggu yg lalu. Pada saat usia kehamilan 8 bulan k atas bagian selangkangan / tulang vagina bagian kiri saya sakit. Sampai" d bawa jalan susah.. Dari berbaring mau bangun jg sakit. Saat d periksa k dokter katax karna kepala janinnya sudah turun. D USG pun mukanya cuma keliatan sebagian aja. Sebagiannya lg udah turun g keliatan. Tp kenapa sampai sekarang setelah melahirkan knp masih merasakan sakitnya y dok?? Apa ada pengaruhnya dengan proses melahirkannya yg sc? Dan sebaiknya saya periksa k dokter bagian apa? (SC udah 2X)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Jika bekas luka operasi Anda sudah menutup semua, tidak ada infeksi dan tidak ada komplikasi keadaan luka maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. 

Berapa derajat nyeri yang rasakan dari skala 1-10? Nyeri yang Anda rasakan mungkin saja tergolong dalam nyeri kronik yang sifatnya psikologis, yaitu nyeri yang Anda rasakan karena adanya kekhawatiran tertentu terhadap kondisi bekas luka operasi Anda. Hal ini berkaitan dengan terbentuknya memori nyeri di dalam otak. Untuk itu sebaiknya, selain Anda memeriksakan luka operasi Anda ke dokter untuk memastikan, mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri, Anda juga perlu menenangkan dan meyakinkan diri Anda bahwa luka operasi Anda sudah menutup dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Nyeri jenis ini seringkali dapat diatas dengan konseling dan mengubah cara pikir.

Bila rasa nyeri sangat mengganggu, maka sebaiknya Anda mengunjungi rumah sakit yang menyediakan layanan penanganan nyeri (pain management) yang secara khusus menangani nyeri-nyeri yang sulit ditangani dengan penanganan dasar.

Untuk tambahan informasi, kami sertakan artikel:

Mengenal Obat Penghilang Rasa Sakit

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar