Sukses

Menambah Nafsu Makan & Menaikkan Berat Badan

20 Oct 2014, 04:12 WIB
Wanita, 21 tahun.
selamat pagi dok.. saya ingin bertanya adakah obat yang bisa menggugah nafsu makan sehingga nafsu makan menjadi tinggi? makanan apa saja yang bisa mempercepat penambahan berat badan? terimakasih..

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Pada dasarnya tidak ada obat khusus yang diberikan untuk meningkatkan nafsu makan seorang. Kadang masyarakat awam suka menghubungkan konsumsi vitamin dengan nafsu makan, padahal tidak demikian.

Vitamin merupakan zat yang mengambil peran penting untuk tubuh manusia. Bagi manusia, kebutuhan vitamin dan adalah menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin secara sendiri. Tubuh mendapatkan vitamin melalui proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi.

Konsumsi pola makan sehat sangat menunjang kehadiran vitamin dalam menjawab kebutuhan vitamin pada tubuh sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhannya. Betapa pentingnya vitamin yang merupakan zat senyawa kompleks untuk memperkecil peluang manusia terkena penyakit.Semua vitamin aman untuk dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. multivitamin tersebut selain mengandung vitamin A, D, E,K ,terutama harus mengandung  vitamin B kompleks dan vitamin C.

Untuk menambah berat badan Anda, ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Bisa juga ditambah dengan olahraga yang bersifat pembentukan seperti push up,sit up,dan angkat beban.

 

  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma

 

  • Memperbanyak minum air putih.

Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain yang Anda derita seperti ada masalah gangguan tiroid , gangguan metabolisme glukosa dan penyakit kronis lain.Untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual.

Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DNA)

 

 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar