Sukses

Bibir Kering dan Mengelupas

20 Oct 2014, 10:43 WIB
Pria, 23 tahun.
Dok...bibir saya kok kering &mengelupas... padahal udah minum byk bgt air... udh pke lipbalm,mntega,mnyk,madu tp ttp aja... kra2 knpa ya dok?? tes biar bibir merah itu hrs pake apa yah??? mksh.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda, keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Keluhan Anda adalah adanya lapisan tebal pada kulit bibir bagian bawah dengan bibir yang kering, perih dan kaku. Sudah berapa lama hal ini terjadi? Adakah bahan-bahan yang dioleskan pada bibir? Bagaimana dengan kebiasaan menjilat bibir? Bagaimana konsumsi cairan Anda?

Kemungkinan bibir Anda mengalami kekeringan, iritasi atau alergi. Hal ini perlu ditelusuri lebih jauh dengan pemeriksaan fisik langsung pada bibir Anda. Untuk itu kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga didiagnosis segera dan diberikan terapi yang sesuai.

Penyebab dari bibir kering adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti: paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, dan juga oleh kebiasaan menjilat bibir. 

Yang harus Anda lakukan adalah mengkonsumsi banyak air putih. Lip Balm sebenarnya hanya mepunyai efek yang sementara, banyak data yang menyebutkan bahwa pelembab yang mengandung petroleum jelly dan glycerin dapat menyembuhkan, dan beberapa produk yang mengandung lanolin. Apakah Anda sering menjilat bibir Anda? Coba hindari menjilat bibir Anda dahulu saat ini, dan konsumsi air putih yang lebih banyak. Penggunaan obat yang tidak tepat selain sia-sia juga dapat memperparah iritasi pada kulit Anda. Jangan menggaruk ataupun sengaja membuat kulit mengelupas karena dapat memperparah dan membuat luka semakin lama sembuh.

Untuk informasi tambahan Anda kami sertakan artikel:

6 Solusi Bibir Pecah-Pecah

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar