Sukses

Nyeri Pada Perut Kiri

18 Oct 2014, 10:37 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dokter, Belakangan ini saya sering merasakan sakit perut di bagian kiri atas perut, rasanya seperti diremas. Kurang lebih sudah satu tahun dirasakan, tapi 1 bulan belakangan ini jadi lebih sering dirasakan. Kadang rasa sakitnya hilang timbul,tapi saat sakit,sakitnya begitu luarbiasa,bahkan saya harus berbaring dan meminum obat menghilang rasa sakit. Bagaimana diagnosa & pemeriksaan yang harus saya lakukan,dok?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab sakit perut kiri banyak kemungkinannya, seperti gangguan pencernaan, maag, gangguan otot/tulang atau organ hepatobiliar. Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung dan menyeluruh pada diri Anda.

Salah satu kemungkinan dari keluhan Anda adalah gangguan Maag, akibat asam lambung yang meningkat. Umumnya pasien juga mengeluh mual, muntah, peurt begah atau nyeri ulu hati.  Namun diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.

Untuk mengatasi maag hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar