Sukses

Flek Kecoklatan = Hamil ?

19 Oct 2014, 04:10 WIB
Wanita, 28 tahun.
Selamat siang dok, saya mau menyakan,saya bulan kemaren haid berenti tgl 13 maret, dan seminggu kemudian tgl 22 maret saya melakukan hubungan sex sual dengan suami saya, dan pada tgl 24 nya, pada saat saya kerja,saya menemukan flek hitam di celana dalam saya, apakah itu tanda dari kehamilan! Karena saya belum melakukan tespect hingga sekarang, apakah itu sisa haid saya yg belum bersih? Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Pada tanggal berapa hari pertama haid Anda? karena perhitungan kehamilan bukan dari tanggal terakhir Anda haid, melainkan dari hitungan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan dari tanggal tersebut,kami juga bisa memperkirakan masa subur Anda. 

Kemungkinan besar keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting, bukan tanda awal kehamilan. Memang tanda awal kehamilan juga ada gejala flek kecoklatan sebagai tanda penempelan janin ke dinding rahim (biasanya 1 hari),tetapi tanda pasti diagnosa kehamilan dilakukan dengan adanya telat menstruasi dan hasil tes pack yang positif.

Ada banyak penyebab spotting, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Selain itu flek-flek coklat yang terjadi pada Anda juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Untuk itu, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya  Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Berikut kami lampirkan mengenai seputar tanda awal kehamilan untuk menambah informasi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar